Panduan Investasi Bijak, Antara Pemilihan Membeli Emas Putih atau Emas Kuning ?

Seputaremas.co.id | 19 Februari 2024 – Investasi dalam emas telah menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Di toko emas, dua varian utama yang sering ditemui adalah emas putih dan emas kuning.

Meskipun keduanya memiliki daya tariknya sendiri sebagai perhiasan dan investasi, pemilihan antara emas putih dan emas kuning seringkali menjadi dilema bagi banyak orang, berikut Pebedaan yang perlu anda ketahui antara Emas Putih & Emas kuning :

Emas Putih

Emas putih, dikenal dengan warnanya yang cerah dan lebih terang daripada emas kuning, sering dipilih sebagai pilihan investasi dan perhiasan. Warna putih pada emas ini berasal dari campuran logam seperti nikel, seng, perak, tembaga, dan kadang-kadang rodium. Keberagaman komposisi inilah yang membuat emas putih unik dan bernilai tinggi.

Emas putih memiliki keunggulan dalam hal daya tahannya yang kuat, membuatnya ideal sebagai perhiasan. Dengan harga jual yang relatif lebih tinggi daripada emas kuning, emas putih juga tergolong mudah dan likuid untuk dijual, menjadikannya opsi investasi yang diminati.

Emas Kuning

Emas kuning, yang umumnya dikenal oleh masyarakat sebagai simbol kemewahan, terdiri dari dua bentuk utama: emas batangan dan emas perhiasan. Sebagai perhiasan, emas kuning memberikan kesan kemewahan dengan warna kuning yang identik dengan keemasan. Harga emas kuning cenderung lebih terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan pembeli.

Sebagai investasi jangka panjang, emas kuning memiliki potensi imbal hasil yang menggiurkan. Meskipun teksturnya lebih lunak dan rentan terhadap goresan pada emas batangan murni 24 karat, emas kuning perhiasan seringkali dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahan.

Perbandingan dan Rekomendasi

Pertanyaan krusial adalah, manakah yang lebih menguntungkan sebagai investasi, emas putih atau kuning? Jawabannya sebenarnya tergantung pada tujuan Anda.

  • Jika Anda menginginkan investasi yang juga berfungsi sebagai perhiasan dengan daya tahan tinggi, maka emas putih adalah pilihan bijak.
  • Namun, jika fokus utama Anda adalah investasi, emas kuning mungkin lebih cocok karena potensi pertumbuhan nilai yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Penting untuk menyadari bahwa setiap jenis emas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya, pilihan Anda disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Kesimpulannya, baik emas putih maupun emas kuning merupakan pilihan yang baik, dan kebijakan investasi sebaiknya disesuaikan dengan preferensi dan rencana keuangan individu. (red)

Leave a Reply