Harga Emas Turun,  Powell Menolak Pangkas Suku Bunga Maret Ini

Seputaremas.co.id | 1 Februari 2024 – Harga emas berbalik arah dan melemah pada hari Rabu setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menolak ekspektasi penurunan suku bunga AS pada bulan Maret. Harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi $2,034.37 per ons setelah sempat naik sebanyak 1% di awal sesi. Emas batangan turun 1,3% bulan ini tetapi telah bertahan di atas level psikologis $2,000 per ounce sepanjang tahun ini.

Bank sentral AS memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah, namun Ketua Federal Reserve Jerome Powell menolak gagasan bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga di musim semi, yang sudah diperkirakan oleh banyak pelaku pasar. Hal ini dianggap pasar sebagai hal yang kurang dovish dengan komentar kuncinya “bukan bulan Maret“, yang akan mencegah penurunan suku bunga untuk saat ini.

Emas benar-benar antipeluru, namun data yang masuk akan diurai secara mendalam. Meski emas batangan dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi, namun suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Para pedagang mengurangi perkiraan penurunan suku bunga AS pada awal bulan Maret, dan kini melihat kemungkinan penurunan suku bunga AS pada bulan Mei akan sama besarnya.

Indeks dolar AS(DXY), mengurangi penurunan sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun mendekati level terendah 3 minggu setelah keputusan Fed.

Permintaan emas secara fisik dan bank sentral yang kuat akan terus berlanjut.

Data menunjukkan gaji swasta AS naik jauh lebih kecil dari perkiraan pada bulan Januari. Investor juga memperhatikan berita New York Community Bancorp memotong dividennya dan membukukan kerugian yang mengejutkan, memperbarui kekhawatiran atas kesehatan pemberi pinjaman serupa. (red)

Leave a Reply