Emas Muda: Pengertian, Karakteristik, dan Perbedaannya dengan Emas Tua

Seputaremas.co.id I 27 Januari 2024 Jakarta – Dalam dunia perhiasan, emas selalu menjadi favorit sebagai investasi dan status sosial. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang emas muda? Istilah ini lebih dikenal di Indonesia, yang mengacu pada jenis produk emas dengan kadar rendah, Berikut penjelasan apa itu emas muda, karakteristiknya, serta perbedaannya dengan emas tua.

Pengertian Emas Muda
Emas muda merujuk pada produk emas dengan kadar atau karat yang rendah, umumnya ditemukan pada perhiasan. Kadar emas yang lebih rendah membuatnya lebih terjangkau dibandingkan dengan emas murni. Istilah “emas muda” khusus digunakan di Indonesia untuk mengklasifikasikan perhiasan berdasarkan kadar emas di dalamnya.

Karakteristik Emas Muda
Emas muda memiliki kadar emas yang lebih rendah, biasanya di bawah 18 karat, dan dicampur dengan logam lain seperti perak, tembaga, atau platinum. Campuran ini memberikan daya tahan yang lebih kuat pada perhiasan, meskipun membuat warna emas muda lebih mudah menghitam. Sebutan seperti “kadar emas 375” mengacu pada perhiasan dengan kadar emas 9 karat.

Keunggulan dan Kekurangan Emas Muda

Berikut ini keunggulan dan kekurangan emas muda sebagai instrumen investasi:

Keunggulan Emas MudaKekurangan Emas Muda
Produk perhiasan yang tergolong sebagai emas muda tentu tak kalah populer dan diminati pasar, baik itu oleh investor atau mereka yang sekadar ingin menjadikannya sebagai produk fashion. Bukan tanpa alasan, emas muda dianggap mempunyai sejumlah keunggulan yang menjadikannya lebih menarik untuk didapatkan.  Salah satu keunggulan utama dari emas muda ialah harganya yang jauh lebih terjangkau. Bahkan, dapat dikatakan jika keunggulan ini merupakan ciri dari emas muda yang paling mudah untuk dicermati oleh para peminatnya. Apabila kamu mendatangi toko emas maupun perhiasan dan menemukan produk emas dengan harga yang jauh lebih rendah dibanding harga produk emas batangan dari Antam, dapat dipastikan jika produk tersebut merupakan emas muda.  Bagi sebagian orang, keberadaan emas muda ini bisa menjadi kesempatan untuk bisa mempunyai perhiasan emas. Alasannya karena jenis produk emas tersebut memiliki harga terjangkau dan lebih mudah disesuaikan dengan budget yang tersedia. Sehingga, investasi emas perhiasan bisa lebih terbuka untuk mayoritas kalangan masyarakat. Meski memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih terjangkau, perlu dipahami jika emas muda mempunyai kekurangan berupa kandungan atau kadar emasnya yang lebih sedikit.  Hal ini wajar saja karena semakin tinggi kadar emas dalam sebuah produk perhiasan emas, harganya sudah pasti menjadi lebih mahal. Dengan kadar emas kurang dari 70 persen membuat nilai dari perhiasan emas muda lebih rendah dan murah. Hal tersebut kerap membuat pembelian emas muda ini kurang ideal jika itu untuk dijadikan sebagai metode investasi jangka panjang.  Penyebabnya tidak lain karena pertumbuhan nilainya relatif lebih rendah dan tak seoptimal saat membeli emas batangan atau emas tua dengan kadar karat yang lebih tinggi. 

Cara Merawat Emas Muda
Meski memiliki kadar emas rendah, emas muda tetap tahan lama. Cara merawatnya meliputi penggunaan pembersih perhiasan khusus, membersihkan dengan sikat dan pasta gigi, atau merendam dalam air hangat dengan sedikit sabun cuci piring. Warna emas muda mungkin lebih gelap, tetapi perawatan yang tepat dapat mempertahankan kilau aslinya.

Perbedaan dengan Emas Tua
Emas tua memiliki kadar emas lebih tinggi, umumnya di atas 70 persen (18 karat atau lebih). Harganya relatif lebih mahal dan warnanya lebih pekat. Emas muda, dengan kadar emas di bawah 70 persen, memiliki warna yang lebih gelap dan harganya lebih terjangkau. Pemahaman ciri fisik dan harga adalah kunci untuk membedakan keduanya.

Pentingnya Memahami Ciri dan Karakteristik Emas Muda
Sebelum membeli emas, penting untuk memahami ciri dan karakteristik emas muda agar tidak tertipu atau mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan harapan. Ciri fisik, kadar emas, dan perbedaan harga antara emas muda dan tua menjadi panduan penting dalam memilih perhiasan yang diinginkan.

Dengan pemahaman yang jelas tentang emas muda, pembeli dapat membuat keputusan yang lebih informan dan menghindari potensi kesalahan saat membeli perhiasan emas. (red)

Leave a Reply