BCA dan Jamkrindo Jalin Kerjasama untuk Memberikan Penjaminan KUR kepada UMKM

Seputaremas.co.id I 28 Januari 2024 Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah menjalin kerjasama dengan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dalam rangka penyaluran dan penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam memperluas akses pembiayaan bagi UMKM. John Kosasih, Direktur BCA, mengungkapkan bahwa melalui kerjasama ini, Jamkrindo akan memberikan penjaminan terhadap risiko kredit macet pada penyaluran KUR, terutama untuk KUR mikro.

Dengan adanya penjaminan ini, bank penyalur KUR, khususnya BCA, dapat melakukan ekspansi bisnis tanpa kekhawatiran dan tetap menjaga kualitas penyaluran kredit. Kerjasama ini juga memungkinkan BCA untuk lebih optimal dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

“Kami melihat sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan perekonomian nasional. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat terus meningkatkan penyaluran KUR BCA,” ujar John Kosasih dalam keterangan resmi, seperti yang dikutip pada Minggu (28/1/2024). Ia menambahkan bahwa BCA menawarkan KUR hingga Rp 500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, dimulai dari 6 persen efektif per tahun.

Program ini juga memberikan keuntungan lain seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga pelaku UMKM dapat memperoleh pembiayaan dengan lebih terjangkau. Sementara itu, Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo, Henry Panjaitan, menegaskan komitmen pihaknya untuk terus fokus pada kemajuan sektor UMKM. (red)

Leave a Reply