Mengenal COMEX: Bursa Utama sebagai Acuan Harga Emas Dunia

Seputaremas.co.id | 20 Desember 2023 – Sebagai seorang investor emas, pemahaman terhadap bursa yang menjadi acuan harga emas dunia sangat penting. Salah satu bursa utama yang memegang peranan krusial dalam menentukan harga emas adalah COMEX (Commodity Exchange) yang berlokasi di Manhattan, Amerika Serikat, Berikut adalah penjelasan lengkap tentang COMEX, termasuk sejarahnya dan layanan yang disediakannya. 

COMEX, singkatan dari Commodity Exchange, merupakan pasar utama untuk kontrak berjangka dan opsi perdagangan logam, termasuk emas, perak, tembaga, dan aluminium. Bursa ini dapat dianggap sebagai yang terbesar dalam perdagangan futures dan opsi logam di dunia. Pada tahun 2008, COMEX diakuisisi oleh Chicago Mercantile Exchange Group (CME), menjadi bagian dari grup bersama dengan NYMEX (New York Mercantile Exchange).

Meskipun sering dijadikan acuan harga emas dunia, penting untuk dicatat bahwa COMEX tidak menyediakan logam mulia itu sendiri. Sebaliknya, bursa ini bertindak sebagai perantara atau intermediary dalam perdagangan logam tersebut.

Sejarah Singkat COMEX

Bursa COMEX didirikan pada tahun 1933 sebagai hasil dari merger empat bursa kecil di New York. Keempat bursa tersebut adalah National Metal Exchange, Rubber Exchange of New York, National Raw Silk Exchange, dan New York Hide Exchange. COMEX kemudian melakukan merger dengan NYMEX pada tahun 1994, membentuk bursa perdagangan futures fisik terbesar di dunia.

Layanan yang Disediakan oleh COMEX

COMEX berfungsi sebagai lembaga kliring untuk kontrak berjangka emas, perak, tembaga, dan logam lainnya. Kontrak ini diperdagangkan dalam ukuran standar, termasuk versi mini atau mikro. Selain itu, COMEX menyediakan kontrak berjangka untuk aluminium, palladium, platinum, dan besi.

Meskipun mayoritas kontrak berjangka tidak pernah diselesaikan secara fisik, COMEX memberikan opsi bagi pemegang kontrak untuk mengambil pengiriman fisik jika diinginkan. Proses ini melibatkan pemberitahuan dan koordinasi dengan lembaga kliring serta pemilihan tanggal pengiriman.

Proses Delivery di COMEX

Proses pengiriman fisik di COMEX melibatkan transfer kepemilikan logam mulia batangan yang diproduksi dan diakui oleh pihak COMEX. Pengiriman dapat diminta oleh pemilik kontrak, dan harga serta syarat pengiriman disesuaikan dengan tingkat permintaan dan persediaan di pasar.

Penting untuk dicatat bahwa, meskipun COMEX bukan penyedia logam mulia, harga yang terbentuk di bursa ini sering menjadi acuan dalam transaksi logam dunia. Ini membuat COMEX memiliki peran signifikan dalam menentukan tren dan nilai pasar global untuk emas dan logam lainnya.

COMEX, sebagai bursa utama perdagangan kontrak berjangka dan opsi logam, memiliki dampak besar pada harga emas dunia. Meskipun bukan penyedia logam, perannya sebagai perantara membuatnya sangat relevan bagi investor dan pelaku pasar global. Pemahaman terhadap sejarah, layanan, dan proses di COMEX penting untuk membantu investor membuat keputusan yang lebih baik dalam aktivitas perdagangan emas. (red)

Leave a Reply